Header Ads Widget

Responsive Advertisement

5 Fakta Mengejutkan Tentang Mekanisme Antikythera Google Doodle Hari Ini

5 Fakta Mengejutkan Tentang Antikythera Google Doodle Hari Ini
5-Fakta-Mengejutkan-Tentang-Mekanisme-Antikythera-Google-Doodle-Hari-Ini

Mekanisme Antikythera dipajang di Museum Arkeologi Nasional di Athena.
Pekan ini, para periset dari Proyek Penelitian Mekanisme Antikythera mengumumkan wawasan baru tentang mekanisme Antikythera yang misterius, sebuah artefak yang tidak biasa yang telah menarik perhatian para arkeolog, klasik, sejarawan, dan masyarakat selama beberapa dekade. Berikut adalah 5 fakta tentang mekanismenya, kadang-kadang disebut "komputer pertama di dunia."

1. DITEMUKAN ROMAN-ERA DAN DINAMAKAN GREEK ISLAND
greek-island-antikythera

Anda bisa langsung menuju Google Map : Greek Island Antikythera
Terletak di Laut Aegea antara daratan Yunani dan Kreta, Antikythera adalah sebuah pulau yang secara harfiah berarti "berlawanan dengan Kythera," pulau lain yang jauh lebih besar. Kapal tersebut diasumsikan sebagai Romawi dan ketika kapal tersebut tenggelam di lepas pantai pulau pada pertengahan abad ke-1 SM, membawa dengan jumlah besar artefak yang berasal dari abad ke-4 SM.

2. MOTIONASI BENCANA DALAM MEKANISME SANGAT AKURAT DALAM 500 TAHUN.
antikythera-mechanism-planetary-motion

Mekanismenya meliputi tangan atau petunjuk untuk Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, yang semuanya mudah terlihat di langit, serta bola berputar yang menunjukkan fase Bulan. Bagian yang bekerja pada petunjuk planet ini hilang, namun teks di pelat depan mekanisme mengkonfirmasikan, menurut Jones dan timnya, bahwa gerak planet dimodelkan secara matematis dengan menggunakan banyak roda gigi kompleks - dan itu sangat akurat.

3. MEMILIKI PENGATURAN INSTRUKSI CARA PENGGUNAAN
manual-instruction-antikythera-mechanism

Tulisan di panel perunggu di bagian belakang mekanisme menyarankan penemu meninggalkan instruksi untuk cara membuatnya atau penjelasan tentang apa yang pengguna lihat. Prasasti itu, yang ada dalam Bahasa Yunani Koine (bentuk paling umum dari bahasa kuno), menyebutkan siklus, panggilan, dan beberapa fungsi mekanisme. Meskipun teks tersebut tidak secara khusus memberi tahu seseorang cara menggunakannya, dan mengasumsikan beberapa pengetahuan sebelumnya tentang astronomi, ia menyediakan label tertulis untuk orang yang melihat mekanismenya.

4. INVENTOR TRIGONOMETRI MUNGKIN TELAH MENCIPTAKAN MEKANISME
Hipparchus-Mekanisme-Antikythera

Hipparchus terutama dikenal sebagai astronom kuno; Dia lahir di Turki yang sekarang sekitar tahun 190 SM dan bekerja juga mengajar terutama di pulau Rhodes. Karya-karyanya bertahan hampir seluruhnya melalui pengarang Yunani dan Romawi belakangan. Hipparchus adalah salah satu pemikir pertama yang berspekulasi bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari, tapi dia tidak pernah bisa membuktikannya. Hipparchus menciptakan tabel trigonometri pertama dalam upayanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan bola, dan oleh karena itu dikenal sebagai bapak trigonometri. Karena penemuan-penemuan ini-dan karena Cicero menyebutkan perangkat planet yang dibangun oleh Posidonius, yang mengambil alih sekolah Hipparchus di Rhodes setelah kematiannya-mekanisme Antikythera sering dikaitkan dengan Hipparchus. Penelitian baru, bagaimanapun, telah menunjukkan tulisan tangan dua orang yang berbeda mengenai mekanisme tersebut, menunjukkan bahwa hal itu mungkin tercipta dalam sebuah lokakarya atau bisnis keluarga.

5. DIKAITKAN SEBAGAI KOMPUTER TERTUA DIDUNIA
Komputer-Analog-Mekanisme-Antikythera

Sejak lama sebelum penemuan komputer digital Anda tidak diragukan lagi membaca ini, ada komputer analog. Jenis komputer ini berkisar dari alat bantu mekanis seperti aturan slide ke perangkat yang dapat memprediksi arus pasang surut. Mekanisme Antikythera, yang dirancang untuk menghitung tanggal dan memprediksi fenomena astronomi, oleh karena itu disebut komputer analog paling awal.



Post a Comment

0 Comments